FAQ

Beranda > FAQ

FAQ

Pengiriman

Pesanan

Pengembalian/Penukaran Produk

Account

Produk

Penjual

 

Pengiriman

a.     Bagaimana cara mengetahui bahwa pesanan sudah dikirim? 

Pesanan dikirim jika pada status pemesanan sudah berubah dari “diproses” menjadi “dikirim” dan dapat dilakukan pelacakan pesanan.

b.    Berapa lama paket saya akan sampai?

Durasi pengiriman bervariasi tergantung dari faktor jarak pengiriman dan ekspedisi yang dipilih.

c.     Ekspedisi pengiriman apa saja yang tersedia?

Ekspedisi yang tersedia tergantung dari masing-masing toko, dan dapat dilihat saat melakukan pemesanan.

d.    Berapa besar biaya pengiriman yang harus saya keluarkan?

biaya pengiriman tergantung dari faktor Jarak pengiriman, ekspedisi yang dipilih, dan berat serta volume paket.

e.     Bagaimana cara melakukan pelacakan pesanan saya?

Pelacakan pesanan dapat dilakukan melalui menu my purchase, kemudian pilih lihat, lalu pilih pelacakan pesanan.

 

Pesanan

a.     Siapa yang boleh melakukan pemesanan di sMartCU?

Pemesanan dapat dilakukan oleh customer yang sudah terdaftar pada situs sMartCU.id.

b.    Bagaimana cara melakukan pemesanan?

Pemesanan dapat dilakukan dengan memilih produk yang diinginkan kemudian masukkan jumlah pesanan dan klik tombol “masukkan keranjang” setelah itu lakukan pembayaran.

c.     Bagaimana cara melihat status pesanan saya?

Status pesanan dapat dilihat pada menu my purchase.

d.    Bagaimana  cara melihat status pembayaran saya?

Status pembayaran dapat dilihat pada menu my purchase

e.     Metode pembayaran apa saja yang dapat saya gunakan?

Metode pembayaran pesanan yang tersedia adalah transfer melalui bank, virtual account, dan Mobile Escete.

f.      Bagaimana cara membatalkan pesanan saya?

Untuk melakukan pembatalan pesanan dapat dilakukan melalui menu pembatalan jika status pesanan belum diproses.

 

Pengembalian/Penukaran Produk

a.     Apakah saya dapat melakukan pengembalian/penukaran produk?

Kebijakan pengembalian atau penukaran dapat dilihat pada tab return policy pada halaman detail produk yang dipilih.

b.    Siapa yang menanggung biaya pengembalian/penukaran produk?

Biaya pengembalian/ penukaran produk tergantung dari kebijakan pengembalian/penukaran.

 

Account

a.     Bagaiman Cara membuat account baru?

Klik “buat account baru”, kemudian isi data yang diperlukan dan klik “register”

b.    Bagaimana  cara mengubah email,password,nomor hp,alamat pengiriman? 

c.     apa yang harus saya lakukan jika lupa password?

klik pada “forgot Password”, isi email yang terdaftar pada account anda, kemudian klik “send password reset link”. Cek email anda untuk membuat password baru

Produk

a.     produk apa saja yang ada di sMartCU?

Produk yang ada pasa situs sMartCU antara lain hasil kebun, hasil tani, hasil ternak, hewan ternak, kerajinan tangan, rempah-rempah, elektronik, makanan, furniture, fashion, perhiasan rohani, kebutuhan rumah tangga, bibit tanaman, pakan ternak, dsb.

b.    Apakah produk masih tersedia?

Ketersedian produk dapat dilihat pada stok produk di halaman detail produk.

 

Penjual

a.     Siapa Penjual?

Penjual/vendor yang ada pada sMartCU hanya di bolehkan bagi anggota credit union.

b.    Apakah bisa dipastikan penjual terjamin?

Semua penjual/vendor telah melalui seleksi dan verivikasi oleh credit union tempat sebagai anggota.

FAQ Customer

Mendaftar Akun

Login Akun

Cara Belanja

Cek Daftar Pesanan

Cek Status Pesanan

Cek Status Pengiriman

 

AKUN SAYA

Bagaimana Cara Mendaftar Akun sMartCU?

Daftar akun sMartCU sangat mudah dengan pilihan cara daftar yang beragam, bisa menggunakan email. Berikut ini adalah panduan Akun sMartCU:

  1. Klik Daftar di pojok kanan atas homepage sMartCU.
  2. Registrasi akun baru anda dengan mengisi data berupa nama, username, email, alamat, provinsi, kota dan password. 
  3. Klik daftar dan menunggu email verifikasi
  4. Verifikasi email dengan klik tautan link yang dikirimkan pada email
  5. Akun anda berhasil dibuat

Catatan:

  1. Password untuk akun sMartCU Anda dapat dibuat dengan perpaduan huruf kapital, huruf kecil dan angka/karakter.
  2. Untuk meningkatkan keamanan akun Anda, mohon verifikasi perangkat yang Anda gunakan dengan email verifikasi yang dikirim ke email yang terdaftar pada akun Anda ke kolom yang tersedia.

Bagaimana Cara Login Akun sMArtCU?

Berikut beberapa langkah mudah untuk bisa login ke akun sMartCU

  1. Klik Masuk di pojok kanan atas homepage sMartCU.
  2. Masukkan email/username dan password yang anda gunakan pada saat registrasi. Kemudian itu klik Masuk

PESANAN SAYA

Bagaimana Cara Belanja di sMartCU?

Apabila anda ingin berbelanja di sMartCU, anda dapat mengikuti langkah - langkah berikut ini:

  1. Tentukan produk yang ingin anda beli. Kemudian masukkan jumlah dan satuan barang yang akan dibeli, lalu klik Masukkan ke Keranjang
  2. Di halaman Keranjang, anda dapat mengubah kuantitas barang dengan mengklik icon + atau – maupun dengan langsung mengetikkan jumlah barang yang diinginkan dan klik hapus untuk menghapus produk dari keranjang. Selanjutnya pilih Checkout untuk melanjutkan proses pembayaran. Bila ingin melanjutkan berbelanja produk yang lain, anda dapat kembali ke Beranda atau langsung mencari barang dari fitur Cari Produk.
  3. Pada halaman checkout, anda dapat memilih alamat pengiriman, jasa pengiriman, kupon toko, catatan, kupon gratis ongkir dan metode pembayaran.
    1. Pilih Jasa Pengiriman yang akan digunakan untuk pengiriman barang. Terdapat 3 pilihan pengiriman: 

3.1 Jika anda belum menambahkan atau alamat belum sesuai, anda dapat klik icon 

      ubah dan klik Tambah Alamat. Jika sudah diisi, anda dapat klik Simpan.

  1. Kurir logistik, dengan ragam ekspedisi & harga
  2. Kurir lokal, untuk pengiriman di kabupaten/kota yang sama
  3. Ambil sendiri, dimana customer dapat melakukan pengambilan barang langsung di toko 
  4. Pilih Kupon Toko yang ingin dipakai (optional)
  5. Tulis Catatan yang berkaitan dengan barang (optional)
  6. Pilih Kupon Gratis Toko yang ingin dipakai (optional)
  7. Pilih Metode Pembayaran, yang terdiri dari 2 metode yakni: 
  8. ESCETE, tidak dikenakan biaya tambahan
  9. Transfer Bank Lain, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.000,-
  10. Jika telah sesuai, klik Selesaikan Pesanan untuk menyelesaikan pembelian barang. Atau bila ingin Kembali ke halaman sebelumnya untuk melanjutkan pencarian produk yang lain, anda dapat klik Kantong Belanja.
  11. Setelah klik Selesaikan Pesanan, notifikasi pemesanan yang berisi nomor rekening pembayaran vendor akan muncul. Notifikasi pemesanan ini juga akan dikirim melalui email.
  12. Anda dapat melakukan transfer sejumlah yang tertera di notifikasi pemesanan. Sertakan nomor referensi pembayaran di kolom transfer.

Bagaimana Cara Melihat Daftar Pesanan?

Anda bisa melakukan pengecekan seluruh transaksi pembelian dengan cara:

  1. Klik Menu Customer. Kemudian Klik Pesanan Saya.
  2. Di halaman Pesanan Saya, anda dapat melihat detail transaksi pembelian barang anda dengan cara klik Lihat pada transaksi yang diinginkan.
  3. Cek status pesanan bagian Daftar Transaksi kemudian kamu dapat memilih ikon dalam proses atau semua transaksi untuk masuk ke dalam halaman Daftar Transaksi.

Bagaimana cara mengecek status pemesanan?

Anda bisa cek status pemesanan dengan cara berikut ini:

  1. Klik Menu Customer. Kemudian Klik Pesanan Saya.
  2. Di halaman Pesanan Saya, anda dapat melihat detail transaksi pembelian barang anda dengan cara klik Lihat pada transaksi yang diinginkan.
  3. Pada halaman Detail Pesanan, anda dapat cek status pesanan anda dengan melihat bagian Detail Produk

Bagaimana cara mengecek status pengiriman?

Anda bisa cek status pemesanan dengan cara berikut ini:

  1. Klik Menu Customer. Kemudian Klik Pesanan Saya.
  2. Di halaman Pesanan Saya, anda dapat melihat detail transaksi pembelian barang anda dengan cara klik Lihat pada transaksi yang diinginkan.
  3. Pada halaman Detail Pesanan, anda dapat cek status pengiriman dengan klik Lacak Pengiriman.
  4. Lacak pengiriman hanya berlaku bagi pilihan kurir logistik berikut : JNE, Pos Indonesia, TIKI, ESL Express, PCP dan RPX.

FAQ Vendor

Menjadi Seller

Edit Data Produk

Mengatur Pesediaan Barang

Melihat Pesanan Pembeli

Menampilkan Harga dan Diskon Harga

Update Status Pengiriman

 

Menjadi Seller

  1. Bagaimana Cara Menjadi Seller di sMartCU?

Anda dapat menjadi seller di sMartCU dengan cara mengajukan permohonan menjadi seller sMartCU ke CU, tempat anda terdaftar sebagai anggota (Credit Union di bawah koordinasi Puskopdit Credit Union Indonesia atau PUSKOPCUINA).

  1. Bagaimana Cara Mengunggah Barang Jualan?

Berikut adalah cara mengunggah barang jualan anda:

1. Anda perlu login terlebih dahulu ke Klik Masuk di pojok kanan atas homepage sMartCU, lalu masukkan detail data yang digunakan pada saat anda registrasi sebagai Seller.

2. Sesudah login, klik vendor, lalu klik Produk.

3. Selanjutnya isi data-data barang jualan anda: 

  • Nama produk yang akan  dijual
  • Deskripsi singkat mengenai produk yang dijual
  • Deskripsi lengkap (seperti spesifikasi, ukuran, dll) mengenai produk yang dijual
  • URL produk yang akan djual (Slug)
  • Kode produk yang akan dijual (SKU)
  • Kategori produk yang dijual
  • Video URL produk yang akan djual, apabila ada
  • Harga published produk yang akan djual
  • Harga produk yang akan djual setelah didiskon (Harga Penawaran)
  • Foto-foto produk yang akan djual
  • Tags atau kata kunci dari produk yang akan djual
  • Berat (dalam gram) dari produk yang akan djual
  • Tipe produk yang akan djual (Pilih Physical atau Digital)
  • Nama merk dari produk yang akan djual (Brand)
  • Kebijakan Pengembalian dari Produk yang akan dijual
  • Estimasi waktu pengiriman produk yang akan djual
  • Kondisi dari produk yang akan djual (Baru atau Bekas)
  • Stok dari produk yang akan djual
  • Satuan dari produk yang akan djual
  • Ukuran dari produk yang akan djual
  • Warna dari produk yang akan djual
  • Harga pengiriman lokal/internasional untuk produk yang akan djual
  • Flash deals dari produk yang akan djual (apabila ada periode promo/diskon untuk produk tersebut)
  • Lamanya periode flash deal dari produk yang akan djual

4. Selanjutnya, klik Kirim.

Catatan:

  • Untuk mengunggah barang jualan yang termasuk dalam kategori hasil bumi, maka perlu diverifikasi terlebih dahulu oleh subadmin (CU tempat seller terdaftar sebagai anggota).
  • Proses verifikasi 1-2 hari kerja.

Edit Data Produk

  1. Bagaimana Cara Mengedit Data Produk Anda?

Berikut cara mengedit data produk anda:

  1. Masuk ke halaman produk, kemudian klik Ubah pada produk yang ingin anda edit
  2. Selanjutnyaupdate data yang perlu diedit.
  3. Kemudian klik Simpan Perubahan Produk untuk menyelesaikan pengisian
  4. Bagaimana Cara Menghapus Data Produk Anda?

Anda dapat menghapus data produk anda dengan cara masuk ke halaman vendor, kemudian klik hapus. 

Mengatur Pesediaan Barang

  1. Bagaimana Cara Mengatur Persediaan Barang?

Untuk dapat mengatur persediaan barang, anda dapat:

  1. Lakukan login ke akun seller anda, lalu klik Produk.
  2. Klik Tambah Produk. 
  3. Kemudian, di halaman detil produk, masukkan stok/persediaan barang anda saat ini di kolom Stok.
  4. Klik Simpan Perubahan Produk untuk menyelesaikan penginputan persediaan barang.

Melihat Pesanan Pembeli

Bagaimana Cara Melihat Order/Pesanan dari Pembeli?

Untuk dapat melihat order dari pembeli, anda dapat:

  1. Lakukan login ke akun seller anda, lalu klik Pesanan Saya.
  2. Di halaman Pesanan Saya, anda dapat melihat daftar pesanan dari pembeli. 
  3. Anda dapat memfilter pesanan yang ingin anda lihat dengan cara memasukkan kata kunci di kolom Search.
  4. Anda dapat mengurutkan pesanan berdasarkan Kode Pesanan, Pembeli, Tanggal, Harga, Status Pemesanan, dan Status Pembayaran.
  5. Untuk melihat detail dari masing-masing pesanan, anda dapat klik Lihat dan masuk ke halaman Detail Pesanan.

Update Status Pengiriman

Bagaimana Cara Meng-update Status Pengiriman Barang?

Untuk dapat melihat meng-update status pengiriman barang, anda dapat:

  1. Masuk ke halaman Detail Pesanan.
  2. Lakukan update dengan cara memilih salah satu status pengiriman barang yang terdapat pada dropdown list.

PROMOSI DAN PENAWARAN SPESIAL

Menampilkan Harga dan Diskon Harga

  1. Bagaimana Cara Menampilkan Harga dan Diskon Harga? 

Untuk dapat menampilkan harga dan diskon harga, anda dapat:

  1. Klik Tambah Produk. 
  2. Kemudian, di halaman detil produk, masukkan harga sebelum diskon dan harga sesudah diskon (Harga Diskon Vendor).
  3. Klik Simpan Perubahan Produk untuk menyelesaikan penginputan harga.
  4. Bagaimana Cara Memberikan Kupon untuk Customer? 

Untuk dapat memberikan kupon pada customer, anda dapat:

  1. Lakukan login ke akun seller anda, lalu klik Kupon.
  2. Di halaman Kupon, Klik Tambah Kupon.
  3. Kemudian, di halaman Tambah Kupon, pilih Batasan pengguna, masukkan kode kupon, tipe diskon, minimal transaksi, maksimal diskon, tanggal mulai berlaku kupon, tanggal berakhirnya kupon, pilih visibilitas kupon, dan status kupon.
  4. Klik Simpan Kupon untuk menyelesaikan penginputan kupon
  5. Bagaimana Cara Mengedit Data Kupon Anda?

Berikut cara mengedit data kupon anda:

  1. Masuk ke halaman kupon, kemudian klik icon Biru pada kupon yang ingin anda edit
  2. Selanjutnyaupdate data kupon yang perlu diedit.
  3. Kemudian klik Simpan Kupon untuk menyelesaikan pengisian
  4. Bagaimana Cara Menghapus Data Produk Anda?

Anda dapat menghapus data produk anda dengan cara masuk ke halaman kupon, kemudian klik hapus.